Hentikan Gusi Berdarah Dengan Alami

Gusi berdarah sangatlah tidak nyaman. Kesehatan gusi sangat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan.

Gusi berdarah sering sekali dikesampingkan, padahal hal itu bisa menjadi salah satu tanda gangguan kesehatan yang lebih serius.

Biasanya memang kerap terjadi gusi berdarah ini karena sikat gigi yang terlalu keras. Tapi selain hal tersebut beberapa penyebab gusi berdarah bisa jadi:

– Kurang vitamin C dan vitamin K
Kedua vitamin ini sangat penting untuk tubuh, karena vitamin C itu berfungsi mempercepat penyembuhan luka dan memperkuat tulang. Vitamin K itu digunakan untuk proses pembekuan darah.
Jika kedua asupan   kurang, pendarahan itu gampang terjadi, seperti di gusi.

– Radang Gusi
Mengalamai radang gusi ini bisa dipicu oleh menempelnya plak gigi pada gusi. Karang gigi ini terbentuk dari plak yang menumpuk dan mengeras, dan bisa menimbulkan peradangan pada gusi. Kalau tidak segera dibersihkan dan dijaga kebersihannya, gusi jadi rentan berdarah.

– Periodontitis
Kalau radang gusinya sudah parah, penyakit selanjutnya yang bisa terjadi adalah periodontitis, di mana ini adalah infeksi peradangan gusiyang merusak jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Gejalanya sudah pasti gusi sering berdarah.

Akankah lebih baik kalau hal itu bisa dicegah bukan?

Pakai essential oil Rosevara tentu saja bisa dong sebagai salah satu metode yang alami untuk mencegah gusimu berdarah.

Baca juga Berkumur dengan Minyak? Lakukan Oil Pulling

MinRose merekomendasikan 2 cara, yang pertama bisa dengan cara:

  1. Pulling oil, yaitu berkumur dengan minyak.
    Cara pulling oil itu mudah lho Rovers, jadi siapkan sendok teh, tuang minyak carrier yang bisa kalian pakai seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak avocado, atau minyak carrier Rosevara. Lalu bisa campurkan 3 tetes clove essential oil, bisa clove bud atau clove stem yaaa. Setelah itu kumur-kumur, selama 10-15 menit. Hati-hati jangan sampai tertelan ya, setelah itu dibuang ya.
    Setelah selesai pulling oil, kalian bisa berkumur lagi dengan air bersih supaya sisa-sisa minyak di mulut hilang. Sensasinya memang unik, apalagi kalau baru pertama kali melakukannya.
  2. Berkumur dengan air + essential oil Rosevara. Siapkan gelas yang sudah berisi air, campurkan essential oil clove sebanyak 3-5 tetes lalu kumur-kumur selama 5-10 menit. Hati-hati jangan sampai tertelan.

Lakukan secara rutin, setiap hari agar kesehatan gusi, mulut dan gigi semua terjaga. Pilihan essential oil Rosevara selain Clove juga bisa Peppermint ya, yang bisa sekaligus menyegarkan mulut dengan sensasi mentholnya. Juga bisa dengan lemon atau eucalyptus yang punya antibacterial ampuh, jadi sensasi dan aromanya juga berbeda-beda.

Selain itu tentu saja melakukan hal-hal sederhana seperti:
– Pakai sikat gigi yang bulunya lembut dan sikat giginya pelan, supaya ngga berdarah.
– Rajin minum air putih juga berpengaruh banget pada kesehatan mulut dan gigi, supaya sisa-sisa plak di mulut bisa membentuk plak.
– Jaga makanan dan minuman yang masuk ke mulut, jangan terlalu panas, jangan terlalu dingin.

 

Artikel Lainnya