Jaga Kesehatan Jantung Sebelum Terlambat

Jantung adalah organ yang sangat vital di dalam tubuh. Maka sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung apalagi semasih kita muda, semasih kita bisa menikmati apapun yang ada di kehidupan ini, mari imbangi juga dengan lebih peduli dengan kesehatan sendiri, terutama jantungmu!

Jangan kira penyakit yang timbul akibat menurunnya fungsi jantung terjadi di masa tua saja ya. Kalau kalian tidak menjaga kesehatan jantung sendiri, beberapa hal berikut bisa terjadi padamu, diantaranya

– Jantung Koroner
Ini adalah salah satu penyakit paling umum yang diderita banyak orang di dunia.

Penyakit ini terjadi ketika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke jantung mengeras dan menyempit, dikarenakan penumpukan kolestrol dan pembekuan darah di dalam arterinya.

Ini yang menyebabkan aliran darah dan oksigen ke jantung jadi berkurang, makanya fungsi kerja jantung jadi nggak maksimal.

– Aritmia
Ini adalah gangguan pada irama jantung, bisa terlalu cepat, terlalu lambat bahkan tidak beraturan.
Aritmia terjadi saat rangsangan listrik yang mengatur detak jantung keganggu, jadinya jantung nggak bekerja dengan baik.

Memang aritmia ini beberapa disebabkan oleh penyakit jantung bawaan, diabetes & gangguan tiroid, hanya saja pola hidup tidak sehat seperti kurang tidur, merokok, kelebihan konsumsi alkohol dan kafein berlebihan bisa memicu penyakit ini.

– Hipertensi
Tekanan darah adalah kekuatan yang diberikan oleh sirkulasi darah ke dinding arteri tubuh, atau pembuluh darah utama di badan kita ini.

Tekanan ini bergantung pada resistensi pembuluh darah dan seberapa kerasnya jantung bekerja.
Semakin banyak darah yang dipompa, semakin sempit arteri, semakin tinggilah tekanan darah itu.

The silent killer ini memang tidak mengalami gejala apa-apa, sampai tekanan darahnya tinggi dan mengancam nyawa.

Hipertensi ini bisa terjadi selama bertahun-tahun tanpa disadari.

Baca juga Foot Massage for Anxiety Attacks!

– Serangan Jantung
Dalam istilah medis, infark miokard adalah kondisi di mana pasokan darah menuju jantung terhambat karena adanya penggumpalan darah atau penumpukan lemak, kolesterol dan unsur lainnya.

Kalau hambatan itu tidak segera terbuka, maka bisa merusak dan menghancurkan otot jantung.
Ini bisa terjadi tiba-tiba, kalau tidak memperhatikan kondisi kesehatan jantungmu.

Apapun bisa dicegah, dari hal yang paling sederhana seperti seberapa kuat niatmu untuk hidup sehat. Apalagi demi terlaksananya kesehatan jantung, seperti:

  • Menghentikan kebiasan merokok sejak dini dan menghindari menjadi perokok pasif menjadi hal yang sangat penting jika ingin menjaga kesehatan jantung.
  • Istirahat yang cukup juga menjadi anjuran standar jika ingin jantung sehat.
  • Menyempatkan diri melakukan aktivitas fisik selama 20-30 menit setiap hari, sudah pasti menjadi hal mutlak, untuk mengurangi risiko sakit jantung.
  • Juga didukung dengan konsumsi makanan baik untuk tubuh, bukan memuaskan diri dengan makanan tanpa adanya gizi baik. Perbanyak sayur dan buah yang kaya serat, rajin konsumsi ikan kaya omega-3 dan tentunya menjaga tekanan dan kadar gula darah.

Menggunakan Rosevara sebagai lifestyle juga bisa dilakukan bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan jantung dan semua organ tubuh serta jiwa.

Aromatherapy sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu, sebagai salah satu metode yang baik dan alami untuk mencegah penyakit di tubuh.

Beberapa varian essential oil Rosevara yang baik untuk jantung seperti cinnamon, cendana, lavender, ginger dan cananga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Aromatherapy dapat menenangkan dan mempengaruhi system syaraf supaya lebih tenang dan teratur, dengan begitu tubuh pun lebih rileks dan juga mampu memelihara kesehatan jantung.

Tentu saja, penggunaannya juga harus teratur dan telaten, karena bahan alami membutuhkan proses yang baik jika ingin dirasakan manfaatnya, dengan kelebihan tanpa efek samping.

Kita memang tidak tau berapa lama durasi kita untuk hidup di kehidupan ini, tapi tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan jantung sejak dini agar menikmati hidup lebih asyik lagi.

Artikel Lainnya