Mencegah Radang Amandel

Radang amandel atau tonsilitis ini adalah kondisi di mana terjadi peradangan akibat infeksi pada tonsilnya.

Tonsil itu sendiri adalah kumpulan kelenjar getah bening yang punya fungsi jadi penyaring untuk menjebak kuman yang masuk ke saluran napas dan tonsil memproduksi antibodi untuk melawan infeksi.

Tapi tonsil juga bisa terinfeksi lho. Apa sih penyebabnya?

Radang amandel disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Gejala yang biasa dirasakan adalah nyeri tenggorokan, amandel kemerahan, sakit kepala, sakit telinga, kesulitan menelan, pembengkakan kelenjar di daerah leher atau rahang, batuk, suara serak, juga bau mulut.

Kalau radang amandelnya tidak segera diatasi, bisa jadi menimbulkan komplikasi seperti kesulitan bernapas atau menelan, sleep apnea atau gangguan tidur akibat pernapasan terganggu, muncul nanah di amandel, sampai penyebaran infeksi ke organ lain.

Kalau sudah begitu, jangan tunggu parah dulu baru diobati ya! Nah, beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya tentu saja dengan:

  • Minum air putih yang cukup
  • Istirahat juga cukup, jangan begadang
  • Terapkan pola makan yang sehat, banyakin sayur dan buah-buahan
  • Tentunya menjaga kesehatan mulut dengan rajin menggosok gigi

Tapi kalau ingin menggunakan aromatherapy essential oil untuk membantu meredakan sakit amandelmu, tentu saja bisa, karena sudah tau dong kalau essential oil itu bersifat antiseptic, antibakteri dan antijamur. Beberapa varian yang bisa dipilih itu seperti:

– Peppermint
Yang memiliki cooling sensation karena mentholnya yang menyejukkan. Mempunyai sifat dekongestan juga, peppermint baik sekali untuk mengobati amandel yang bermasalah.

Baca juga Gunakan Ini Untuk Hentikan Gusi Berdarah

– Lemon
yang bagus untuk membersihkan tubuh dari racun, sebagai antiinflamasi dan membantu tenggorokan untuk tetap lembab.

– Eucalyptus
Juga bisa digunakan sebagai senjatamu untuk mengatasi amandel yang sakit, karena kandungan eukaliptolnya yang baik sebagai antijamur dan antiinflamasi, juga mempelancar sistem pernapasan.

– Clove oil
karena bisa juga untuk boosting imun sistem clove oil sangat baik untuk mengurangi sakit amandel yang diderita.

Cara penyembuhan dengan aromatherapy bisa juga dengan
Berkumur. Campurkan segelas air dengan 5 tetes essential oil dan berkumur 3 kali sehari.
– Pakai sebagai minyak pijat. Campurkan carrier oil seperti minyak zaitun atau minyak kelapa 20ml dengan 5-8 tetes essential oil lalu oles di daerah leher, lakukan sesering mungkin setiap hari.
Steam inhalasi juga bisa, dengan mencampurkan sebaskom air hangat dan 8 tetes essential oil lalu hirup uapnya. Antiseptik yang diberikan dari EO itu sendiri bisa membuat tubuh lama kelamaan menjadi lebih sehat.
Kompres leher dengan air hangat yang sudah diberikan 8 tetes EO juga bisa untuk mempercepat proses penyembuhan amandel yang sakit.
– Juga jangan lupa untuk selalu membersihkan udara sekitar ruangan dengan diffuser yang sudah diberikan air dan essential oil tiap hari, agar terjaga dari bakteri, kuman juga virus.

Artikel Lainnya