Essential Oil Di Musim Pancaroba

Dalam menjaga kesehatan di musim yang sebentar hujan lalu panas lagi lalu hujan lagi seperti ini, kita memang harus hati-hati lagi, supaya daya tahan tubuh tetap terjaga. Salah satunya, ya dengan essential oil

Ngga diragukan lagi, minyak esensial bisa dipakai di musim apa saja, dengan berbagai kegunaan dan manfaat. Ngga terkecuali di musim penghujan akhir-akhir ini.

Ada banyak penyakit yang bisa timbul akibat musim hujan, dan hal itu bisa mengancam kesehatan diri dan keluarga jika ngga menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

Tapi kenapa ya musim pancaroba begini mengundang banyak penyakit?

Beberapa dikarenakan sebagai berikut:
– Saat peralihan musim, dari kemarau ke hujan ini cenderung lebih sering ada di tempat yang tertutup, bener kan? Enak aja gitu diem di kamar atau di rumah, ya ngga sih… Tapi keadaan inilah yang meningkatkan risiko penularan infeksi.
– Di musim seperti inilah, virus dan bakteri hidup lebih lama dan cepat berkembang di suhu dan kelembapan yang lebih rendah.
– Juga aliran darah menyempit menjadikan kurangnya kadar vitamin D sehingga bisa menurunkan sistem imun tubuh.

Nah, kalau sudah begitu, ngga heran kalau sering sekali banyak orang terkena pilek, bersin-bersin, flu bahkan sampai demam berdarah. Wah, ngga mau kan kalau sudah seperti itu?

Jadi, penggunaan minyak esensial itu bisa banget untuk membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh, seperti:

1. Essential oil untuk Pilek, Salesma dan sebagainya
Salah satu masalah terbesar di musim penghujan ini memang gampangnya kita kena pilek, salesma, masuk angin, sampai demam. Dikarenakan daya tahan tubuh secara perlahan melemah, belum lagi jika bekerja di luar rumah lalu kontak dengan teman atau berada di tempat umum, virus gampang menyebar.
Penggunaan minyak esensial varian lavender, peppermint dan lemon juga bisa jadi pilihanmu.
Caranya juga gampang, inhalasi langsung dari botol bisa, atau bisa juga menggunakan diffuser, karena metode menghirup melalui hidung bekerja baik untuk mengencerkan lendir yang memblok pernapasanmu. Tambahkan 5-10 tetes essential oil ke diffuser yang sudah terisi air lalu hirup aromanya. Bisa juga dengan sebaskom air hangat lalu tuangkan minyak esensialmu lalu hirup dari sana. Tarik napas, selama beberapa saat, relakskan tubuh.

2. Essential Oil untuk Batuk
Batuk memang benar-benar mengganggu banget, bener ngga sih? Nah di musim seperti ini juga sering banget muncul batuk, namun penggunaan essential oil juga bisa banget mengatasi batuk ini, seperti peppermint, nutmeg, cinnamon dan eucalyptus. Tapi ingat, campurkan 5 tetes minyak esensial dengan 20ml carrier oil dulu, setelah itu oleskan ke tenggorokan dan dada. Menghirup wangi dari diffuser yang sudah dicampurkan essential oil juga bisa meredakan batuk.

3. Essential oil untuk Anti-Nyamuk
Ini sangat penting sekali ya, untuk dilakukan karena musim penghujan itu identic dengan banyak nyamuk yang muncul juga, begitu pun serangga. Dan penggunaan essential oil memang baik untuk anti-nyamuk, seperti varian lemongrass dan lavender. Penggunaan diffuser yang dicampur essential oil jauh lebih baik daripada penggunaan anti-nyamuk yang berbahan kimia, karena wangi yang ditimbulkan berbahaya untuk tubuh apalagi dengan penggunaan jangka Panjang. Jadi, jangan sampai salah pilih yah.

4. Essential oil untuk Meningkatkan Mood
Kadang, hujan-hujan ini bikin moodian banget, ya ngga sih? Cuaca aja berubah, apalagi suasana hati?
Beberapa orang jadi mengalami perubahan suasana hati dikarenakan berhari-hari hujan, mungkin ada energi yang terpendam karena aktivitas yang tertunda akibat cuaca. Kadang jadi jauh lebih bosan, dan jadi kurang semangat. Nah, essential oil bisa banget meningkatkan mood kamu, pakai yang varian cananga dan lavender! Karena bersifat anti-depresan, menghirup wangi essential oil dari bunga memang bisa uplifting mood supaya jadi tambah semangat!

Jadi itulah, kegunaan minyak esensial yang bisa digunakan di kehidupan kita sehari-hari ya Rovers. Dengan penggunaan yang benar dan tepat, pasti efek sampingnya juga hampir tidak ada untuk tubuh.

Artikel Lainnya