Essential Oil Safety Tips

Seiring dengan berjalannya waktu, aromatherapy dengan minyak esensial sudah semakin dikenal oleh banyak orang. Hanya saja beberapa masih belum mengerti cara pakai atau apa yang harus diperhatikan dari si minyak esensial ini.

Sudah sejak dulu essential oil memiliki khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Essential oil ini faktanya memiliki konsentrasi yang tinggi, karena diperoleh dari berbagai bagian tumbuhan.
Sudah begitu, membutuhkan jumlah bagian-bagian tumbuhan tadi dalam jumlah yang sangat banyak, baru jadi beberapa kilo essential oil.

Molekul yang dimiliki juga sangat kecil, makanya cepat menyerap ke tubuh.
Jadi jangan heran kalau kebanyakan minyak esensial memang dikemas dalam botol yang kecil-kecil ya.
Nah, walau memang alami, namun tetap aja pakainya harus hati-hati yah, ngga boleh main hajar aja sih sebenarnya, seperti:

– Selalu gunakan 100% pure essential oil, hindari yang mengandung campuran minyak sintesis dan fragrance oil.
Memang sih banyak ya essential oil yang claim 100% pure essential oil, tapi perlu dicek lagi sudah ada izinnya kah? Keamanannya sudah pasti kah?
(Ambil botol EO) Kalau Rosevara sih sudah ada BPOM, COA dan halal-nya ya, jadi kalau aku sih udah percaya pakai ini.

– Cucilah tangan secara bersih setelah menggunakan minyak esensial yang belum diencerkan. Karena lumayan perih kalau kena muka setelah pakai minyak esensial trus misalnya ngga sengaja pegang wajah. Hindari menyentuh mata dan area hidung atau selaput lendir setelah memakai essential oil.
Sensitivitas kulit manusia kan beda-beda, ada yang kena minyak lavender oke-oke aja, atau lemongrass EO fine-fine, tapi tetap cari aman aja langsung cuci tangan, okeh?

– Essential oil itu mudah terbakar ya pemirsa, jadi tolong simpannya yang benar. Jauhkan dari panas api, karena masing-masing minyak esensial punya titik didihnya sendiri-sendiri. Simpan di tempat yang memiliki suhu ruangan.

– Jauhkan essential oil dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan ya, Rovers! Karena kan botol essential oil itu kecil-kecil imut-imut gitu kan, jadinya bahaya jika dikira mainan oleh anak-anak atau hewan peliharaan kalian di rumah.
Kalau di rumah ada peliharaan seperti kucing, burung, atau puppies di bawah umur 1 tahun, harus hati-hati pakai essential oil yang dipakai di diffuser, karena hewan peliharaan juga sensitive dengan wanginya. Jangan dipakai di ruangan tertutup dengan hewan peliharaan kesayanganmu ya.

– Hindari menggunakan essential oil yang memang punya sifat sensitive terhadap matahari, saat ingin beraktivitas ke luar ruangan, contohnya Rosevara Lemon ya. Kalau ingin memakai secara topical EO ini, lebih baik di dalam rumah sebelum istirahat yah.

– Ingat, selalu gunakan essential oil sebagai obat luar, atau tidak dianjurkan untuk diminum. Kalau kumur boleh kok.

– Gunakan takaran yang lebih sedikit dari takaran orang dewasa, khusus penggunaan essential oil untuk anak-anak, wanita hamil dan orang tua yang sudah berumur lebih dari 60 tahun ya.
Jika misalnya biasanya pakai 10 tetes EO di diffuser, khusus untuk kategori yang aku sebutkan tadi kurangi menjadi 3 tetes saja. Atau jika ingin dioleskan, gunakan minyak pembawa yang lebih banyak takarannya daripada essential oilnya yah.

Sepanjang kalian menggunakan minyak esensial secara hati-hati, pasti aman kok Rovers, karena sebenarnya lebih banyak keuntungan daripada ruginya dalam pakai essential oil untuk kesehatanmu, tentunya yang 100% pure yaaaa.

Artikel Lainnya