Aromaterapi Membuat Tidur Nyenyak

Apa benar aromaterapi baik untuk tidur menjadi lebih nyenyak?

Sudah banyak yang bilang ya atau testimoni kalau minyak esensial atau aromatherapy itu bisa membuat tidur jadi jauh lebih nyenyak.

Tapi jangan salah, banyak juga lho yang belum percaya dengan hal itu, makanya banyak juga yang masih ragu menggunakan minyak esensial sebagai salah satu penunjang kesehatan mereka.

Perlu diketahui dahulu nih, apa itu arti dari aromatherapy itu sendiri ya.

Jadi, pada dasarnya aromaterapi itu merupakan salah satu pengobatan holistik atau pengobatan yang secara menyeluruh, biasanya menggunakan ekstrak dari tumbuh-tumbuhan atau tanaman yang aromatik. Walau tidak semua tanaman bisa diambil ekstraknya lalu dijadikan minyak esensial ya.

Penggunaan aromaterapi yang memakai media minyak esensial aromatic ini dipercaya bisa meningkatkan kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa.

Minyak esensial ini sudah ada sejak dari manusia ada atau sudah dari zaman dahulu bangetlah pokoknya.

Cara pakainya juga macam-macam, bisa dengan menghirup langsung dari botolnya, dioles ke kulit lalu dicium aromanya, dicampur saat mandi, dan masih banyak lainnya.

Jadi balik lagi ke pertanyaan tadi, emang bisa aromaterapi buat tidur lebih nyenyak?

Jawabannya ya pasti bisa.

Nah pasti muncul lagi pertanyaan, kenapa bisa begitu?

Namanya juga aromaterapi yah, berarti mengedepankan aroma, melalui indera penciuman kita, betul kan?

Aroma wewangian dari minyak esensial ini masuk ke indera penciuman, ditangkap reseptor trus dibawa ke otak masuk ke system limbik, yang nantinya oleh system tersebut yang memberikan reaksi.

Tapi harus diperhatikan juga memilih minyak esensialnya varian apa, karena dari seluruh tanaman yang dijadikan minyak esensial, fungsinya ya memang berbeda, tergantung tujuan kamu memakai minyak esensial itu apa.

Kalau misalnya ingin energize your life, mau yang buat semangatkan hari, bisa pakai rosevara lemon atau peppermint.

Tapi jika kalian ingin yang memberikan efek menenangkan, membuat kalem, kalian bisa pakai minyak esensial dari bunga, seperti rosevara lavender atau kenanga.

Nah, kalau sudah memilih minyak esensial yang digunakan, system limbik yang tadi aku sebutkan itu memberikan reaksi karena merupakan tempat otak menyimpan memori, emosi dan keinginan.

Selain itu juga, wewangian dari minyak esensial ini mempengaruhi system syaraf dan tentunya organ-organ tubuh yang lain.

Jadi, system-sistem yang ada di dalam tubuh kita terpengaruhi dari sifat minyak esensial itu tadi, maka tubuh pun akan bereaksi.

Itulah alasannya kenapa tidur bisa lebih nyenyak dengan menggunakan aromaterapi minyak esensial.

Jika tidur sudah berkualitas, maka tubuh pun akan semakin sehat dan tentunya siap kembali berativitas.

Artikel Lainnya